Friday, July 30, 2010

The Sorcerer's Apprentice





Judul Asli : The Sorcerer's Apprentice
Jenis film : Action, drama, fantasy, komedi
Pemeran : Nicolas Cage (Con Air, Face Off, National Treasure, Ghost Rider)
Jay Baruchel
Alfred Molina(Spiderman as Dr. Octopus)
Teresa Palmer
Monica Bellucci (The beauty in the Matrix)
Release : 21 Juli 2010/Indonesia

Plot :
Cerita bermula pada zaman Raja Arthur. Penyihir utama pada zaman itu, yakni Merlin, memiliki 3 orang murid. Balthazar Blake (Nicolas Cage), Maxim Horvath (Alfred Molina) dan Veronica (Monica Bellucci). Diceritakan bahwa salah seorang murid Merlin, yakni Maxim Horvath bersekongkol dengan penyihir jahat Morgana Lefay untuk menjatuhkan Merlin. Dalam sebuah pertarungan satu lawan satu antara Morgana dan Merlin, Morgana berhasil ditekan oleh kekuatan Merlin. Namun sayangnya, karena penghianatan Horvath, akhirnya Merlinpun terbunuh oleh pisau belati Morgana. Kedua murid Merlin lain, yakni Balthazar dan Veronica masuk ke dalam istana, namun mereka terlambat dan menyaksikan Merlin meregang nyawa. Keduanya pun berusaha melawan Horvath dan Morgana. Namun karena Morgana terlalu kuat bagi mereka berdua, akhirnya Veronica mengorbankan dirinya dengan mengurung jiwa Morgana dalam tubuhnya. Untuk menjaga agar tubuh Veronica tidak dikuasai oleh Morgana, maka Balthazar kemudian mengurung Veronica dalam sebuah boneka Matryoshka. Setelah mengurung Veronica, Balthazar kemudian mendekati Merlin yang sedang sekarat. Merlinpun berpesan agar memberikan cincin sihir terkuat kepada seorang ahli warisnya yang disebut sebagai Prime Merlinium.
Balthazarpun berabad-abad lamanya mencari-cari di semua kota dan negara, namun belum berhasil. Dalam prosesnya dia banyak membunuh para Morganian atau pengikut Morgana dan banyak mengurung banyak penyihir kuat dalam boneka Matryoshka yang juga mengurung Veronica. Sehingga boneka itupun semakin besar dan semakin berlapis-lapis karena banyaknya penyihir yang terpenjara.
ceitapun beralih ke New York pada zaman modern, disini Balthazar akhirnya bertemu dengan sang Prime Merlinium. Namun Balthazar masih harus berjuang panjang untuk meyakinkan sang Prime Merlinium untuk menerima suratan takdirnya dan terlebih berat lagi untuk mendidiknya tidak memakai sihir yang dikuasainya untuk melakukan hal-hal bodoh dan berjuang menjalankan misi untuk mengakhiri Morgana Leflay yang dengan kekuatannya berusaha membangkitkan mayat-mayat para pengikutnya. Akhirnya dengan kemampuannya sebagai Prime Merlinium dan penguasaannya terhadap ilmu fisika listrik, Morgana pun dapat dikalahkan dan berhasillah sang Prime Merlinium menerima cinta dari gadis pujaan hatinya dan Balthazar bisa bersatu kembali dengan kekasihnya Victoria.


Kritik :
Secara keseluruhan film ini tidak menarik. Keberadaan aktor sekelas Nicolas Cage dan Monica Belucci tidak dapat menjadikan ceritanya lebih menarik. Sayangnya sang sutradara tidak dapat menambang kekuatan karakter Balthazar maupun sang Prime Merlinium. Ini mungkin sebagian disebabkan oleh pemilihan karakter yang salah. Memang, sang Prime Merlinium seharusnya pada awalnya kelihatan sebagai orang ahli Fisika yang skeptik dan juga suka bertindak semaunya. Tapi, tidak perlu kan berperan sebagai orang "maaf" bego sepanjang film itu. Masak sih sedang seru-serunya bertempur melawan Morgana, masih juga gak bisa ngilangin kesan bego dari aktingnya.
Kualitas akting Nicolas juga gak kelihatan disini, gayanya yang sok pintar dalam hampir semua filmnya, apalagi sikapnya yang menyeringai ketika menemukan sebuah solusi adalah akting yang selalu ditunggu-tunggu dari seorang Nic. Namun sayangnya, para fans Nic harus merasa kehilangan karena tidak di film ini. Sebagai Balthazar, peran yang dijalankannya betul-betul datar dan tidak istimewa.
Apalagi si cantik Monica Bellucci, yang hanya keluar tidak lebih dari 10 menit sepanjang film. Sungguh sebuah penyia-nyia'an karakter.
Akhir kata, buat mereka yang sedang senggang dan ingin menonton bioskop untuk akhir minggu yang biasa saja, film ini adalah sebuah pilihan. Namun untuk para penikmat kualitas akting dan cerita film yang bagus, saya sarankan untuk menunggu launching DVDnya saja dan menyewa di persewaan terdekat.

3 comments:

  1. lu aja yang kampungan, sok sokan kritik film tpi ngk tahu apa apa tntg cara mengkritik, bodoh org kampung baru make sosmed yha gini

    ReplyDelete
  2. Betting Baccarat - Wolverione
    The game is quite similar to a งานออนไลน์ traditional game of poker. The game 바카라사이트 can also be played with two cards. The player who bids the hand receives worrione an additional

    ReplyDelete